Sunday 5 December 2010

Banyak Minum Air , Bisa Mencegah Penyakit Kanker

Banyak minum air putih bisa mengurangi berbagai resiko penyakit berbahaya seperti Kanker Colon, Kanker Kandung Kemih dan Kanker Payudara. Memang kalau sudah terkena kanker, banyak minum air putih saja tidak cukup. Tapi kebiasaan ini bisa menambah kekuatan pada tubuh kita, setidaknya itu yang dikatakan ahli gizi asal Seattle, Susan Kleiner Phd,R.D

Kleiner meninjau sejumlah penelitian terdahulu yang menduga adanya hubungan antara resiko kanker dan intake air dan menerbitkan temuannya dalam Journal of American Dietetic Association. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Seattle's Fred Hutchinson Cancer Research Center, para perempuan yang minum lebih dari 5 gelas air putih sehari, resiko kanker Colonnya pun menurun sampai 45 % dibanding mereka yang hanya minum 2 gelas atau kurang per hari.

Yang menarik adalah, hasil penelitian tidak menemukan adanya hubungan antara resiko kanker Colon dengan total intake cairan para perempuan yang diteliti. Tapi para ahli punya teori lain yang menyatakan, mengapa air bisa efektif. Air diduga bisa mempercepat perjalanan makanan di dalam usus besar atau Colon sehingga kontak antara fecal carsinogens - zat pencetus kanker - dengan dinding usus jadi berkurang. Hal ini memperjelas hasil sebuah penelitian di Israel yang menemukan, orang-orang yan menderita kanker saluran kencing (kandung kmih, prostat dan ginjal) dilaporkan minum sedikit cairan dari segala jenis dibanding orang-orang sehat.

Sampai saat ini belum ada teori pasti yang menjelaskan mengapa intake ir putih bisa mempengaruhi resiko kanker payudara. Tapi hasil penelitian di Inggris terhadap 99 perempuan (44 diantaranya menderita kanker payudara) dimana mereka akan dijuluki sebagai peminum air jika selama 7 hari minum air apa saja menemukan, peminum air yang premenopausal, resiko kanker payudara lebih rendah 33 % dibanding mereka yang tidak minum air putih. Perempuan postmenopausal peminum, mempunyai resiko yang lebih rendah 79 %. Ini mungkin disebabkan peminum air putih mempunyai kebiasaan sehat secara keseluruhan sehingga mengurangi resiko mereka.

Karena itu, tak ada ruginya untuk menjaga agar badan tetap terhidrasi baik. Ini berarti, minum cukup untuk menjaga agar urin tetap jernih, berwarna muda dan banyak. Yang berarti perlu minum lebih dari 8 gelas per hari jika anda berolahraga. Cuaca panas, kelembaban rendah, dataran tinggi, penyakit, kehamilan, semuanya meningkatkan kebutuhan air anda.

Kelilingi diri anda dengan  sesuatu yang mengingatkan anda untuk minum, misalnya botol air diatas meja dan di dalam mobil, serta sebuah wadah air di meja dapur. Buat rencana harian. Misalnya, minum air putih setiap kali makan besar dan snack. Rasa haus sering tidak dinyatakan secara jelas. Di saat merasa haus, kita sebenarnya sudah mengalami dehidrasi ringan.

Raih Botol Minum Anda
Alasan ekstra untuk minum air putih :
- mengontrol berat badan
  kita sering beralih ke makanan di saat kita sebenarnya merasa haus. Air membuat kita merasa lebih penuh.
- kinerja mental
  hasil tes aritmatika orang-orang yang mengalami dehidrasi lebih buruk dibanding yang terhidrasi baik.
- kinerja fisik
  orang berbobot 150 pon yang kehilangan 3 pon air ketika olahraga mengalami penurunan kekuatan dan tenaga aerobik sampai 20 %.

dari : berbagai sumber

0 comments:

Selamat Datang ke rumah maya kami , terima kasih sudah mampir disini :) . Silahkan duduk , liat-liat rumah sambil ngobrol eh sambil bengong dengerin ocehan kami :D